Tuesday, February 8, 2011

Kipem

Kipem? apaan sih tuh
itu katanya bukti tanda pengenal sementara di bali.
pake ktp aja ga bs? nope.
kalo pake sim..paspor? tambah gag boleh..
kl pny ktp bali gimana..kadang gag boleh..tetangga gw aja digiring pdhl org bali en pny ktp bali. tapi dia emg bukan org banjar sana.
ironis kan. i know..its a system that so lame that been used on bali for years.
one thing i most happy now is i dont have to worry renew my kipem after several month.. since its costing me money..time..and effort.
not that i care anyway..
i used to have kipem for two period times.
first pas baru aja nginjek bali. soalnya dah dingetin sama org2 kantor..jadinya parno..trus kebetulan bapak kos nya kaya preman yg megang daerah itu jadinya gw bikin dah.. abis itu selama bbrp taun gag bikin lg hahaha...sampe taon terakhir di bali gw..gw sempet bikin lg..diajakin ama anak kos..lgpl gw emg perlu buat ngurus2 sim ama keperluan bank. plus bonyok jg dah mo dtg jd gw tkt ada apa2 untung selama bbrp minggu bonyok di bali kaga ada razia..uda gw perhitungin seh..soalnya dia razia jg ada periode2nya..abiz itu gag lama ada pemeriksaan..kebetulan bgt gw lg di kos..trus lampu dr malem gw ga matiin.pagi2 digedor2.truz pas dibuka ditanyain kipem nya..lgsg aja gw ksh abiz itu gw marahin "laen kali kalo gag gedor2 bs gag sehh!!!" pecalangnya lgsg sori2 gt..ha3 sedikit puas gw..
soalnya gw ada pengalaman buruk sama mereka..
gw lupa kejadiannya kapan..yg jelas gw br potong rambut kemarinnya..nah sama seperti sebelumnya pagi2 pintu digedor2 karna msh ngantuk en malez sembunyi gw ttp tidur aja..gw tidur di sebelah jendela..nah kebetulan pas tu hari anak2 kos gw jg pada baru abis kipem nya jd pada gag keluar..nah si pecalang ini gag dapet mangsa jadi beringas donk. nah bbrp hari sebelumnya ada yg naro bangku panjang di depan jendela gw.gag tau deh siapa tapi rese bgt dah tuh..jadinya tu bangku dipake pecalang buat buka jendela atas gw en teriak2 ngebangunin gw..gw ttp cuek aja..eh mereka malah ngelemparin barang kek sampah ke kamar gw..ky anak kecil aja..
trus nyirem gw pake aer...kaya org gag beradab..
yg plg parah dia lemparin gw pake galon aqua..emg udah hampir kosong seh..tp ttp aja..perlakuan kaya gitu...gw udah mo bangun mo gw ributin aja. tp gw uda terlanjur basah en gw tau temen gw ga ada yg kluar. jadi gag ada yg bs beking gw.. sementara mereka rame bener..kl gw uda basah trus digiring ke banjar rugi donk gw..

nah lo bingung donk dr mana tu pecalang2 itu nemu objek2 sampe galon aqua.
itu semua dr manusia maho yg tinggal disebelah gw. yup elu banci..elo jg yg gag keluar tapi barang lo yg lo taro betataran di luar yg dipake tu org buat bully2 gw. anjrit lo emg..masukin kek brg2 lo. makanya gag usah pake banyak2 barang kalo cm ngekoz en kamarnya kecil dasar bencong lo...Fcvk u..

sigh....it brings back lots of memory..good and bad..but its definetly fun living there..i never bored its like i belongs there..not to mention i have so many good friend..lots already MIA. it wont be the same without them back then.
u
all move on and im happy for them
and selamat untuk semua yg sudah bebas dr lingkaran setan kipem.

Sent from Yahoo! Mail on Android

7 comments:

Anonymous said...

Trima kasih Damien utk sharingnya.
Saya salah satu yg masih di dalam lingkaran setan kipem. Kira2, kamu tau gak sih, knapa sistem KIPEM dibuat?
menurutmu, bisa gak sih sistem itu 'kita' patahkan.
Sejujurnya 5000 rupiah pun saya gak ikhlas mengeluarkan uang untuk KIPEM yg nota bene fungsinya sama dengan KTP.

Logisnya menurut saya, KTP indonesia bs digunakan utk tinggal di mana pun di negeri indonesia. Kipem ini membuat saya merasa bersalah karena tinggal di negeri bukan begeri sendiri.

Dan, benar sekali... pecalang2 itu apa semuanya uneducated ya? mereka selalu menggedor2 pintu dan berteriak2 saat memeriksa kipem. Apa menurut mereka itu semua orang pendatang dr luar bali dianggapnya penjahat dan perlu diperlakukan spt itu? #maaf sekalian pingin buang 'sampah'. eheheheh...

Pengaduan spt ini, baiknya disampaikan kemana ya, spy didengar dan ditindaklanjuti. Krn barusan saya 'surfing', masalah kayak gini dr thn 2009 atau mungkin bahkan lebih ama dr itu, masalahnya gak kelar2. Dan juga sdh ada yg mengadukan ke Dinas Kependudukan Kota Denpasar, tp ditanggapi hanya berupa jawaban formalitas saja pada web mereka.

Semoga banyak yg menilik blog ini dan mendapatkan penceraham dengan membaca artikel dan sharing di sini.

Thank a lot.
Virginy

Damien said...

Hi Virginy,

sepengetahuan saya, sistem kipem ini dibuat setelah tragedi bom bali,
dari sana mereka membuat sistem ini, untuk mengetahui pendatang2 di bali,
karena banyak yg stay di pulau, tapi ga jelas asalnya, dan itu bisa digunakan oleh jaringan teroris, sebenarnya hal ini jg kurang guna, karna yg namanya teroris beginian bisa dengan mudah diakali, maka dari itu saya juga jarang memperpanjang kipem, hanya pertama kali saat tinggal karena ditakut2i sama yg laen, dan jg bapak kos yg termasuk yg petinggin disitu, jadi ya skalian minta dibikin. yg kedua karena ada keperluan, untuk surat2..
dan KTP emg ga guna disana, bahkan KTP bali, kl beda banjarnya jg masalah sempat ada yg digiring..
tapi ini cm salah satu aspek yg ga enak disana, but overall it's very beautiful island, so have fun there Virginy ^ ^

Anonymous said...

KIPEM di bali = pengemis berkedok pemerasan

Unknown said...

well kalau kipem dibuat saya setuju banget untuk mencegah terjadinya Bom dan teroris terulang lagi di Indonesia, bahkan saya sendiri asli orang Balipun terkena Kipem meskipun saya mempunyai KTP Bali sesungguhnya cuma karena berbeda kecamatan walau satu Kabupaten. Menurut saya KIPEM jika tepat sasaran saya setuju. cuma sangat disayangkan aparat dari tiap-tiap kecamatan yang ada bersikap arogansi yang saya sangat tidak setuju, seolah-olah hanya orang tertentu saja memiliki Bali. Well Program Pemerintah saya mendukung cuma dalam pelaksanaannya tolong di monitoring bukan mentang-mentang aparat boleh bertindak seolah-olah tidak berpendidikan.

Anonymous said...

HI. Salah besar. kipem tic=dak dibuat SETELAH, TAPI SEBELUM !! bom bali !! Thn 1990 sudah ada teman kena dan dinaikkan truk sapi !! Perlakuan mereka di tempat lain juga sangat tidak etis terutama resiko ke perempuan dengan banyaknya laki2 terhormat itu

Anonymous said...

sangat tidak berpendidikan, kalo mau sidak ya siang bolong aja, jangan pas tamu /orang lagi tidur koq disidak, aneh bin ajaib, itu para pejabat kepala lingkungan apa gak ngerti etika/sopan santun ya, koq diperlakukan kaya pesakitan? anjrit banget dah

Anonymous said...

harusnya gantian orang bali yg di luar bali harus bikin kipem biar fair klo perlu harganya 100 x lipat di bali ..soalnya banyakan orang jawa sumatra kalmtn dll yg jadi pendatang di bali dibanding orang bali yg keluar bali ..